Friday, September 9, 2016

Resep Masakan Tongseng Sapi Mudah Enak Khas Lebaran

Cara Membuat Tongseng Sapi - Biasanya, banyak di antara kita yang mengetahui serta tahu kalau resep tongseng umumnya memakai bahan baku daging kambing. Ya, memanglah banyak didapati penjual tongseng kambing di sekitar kita. Namun sesungguhnya terkecuali daging kambing, kita dapat juga bikin resep masakan enak dengan bumbu tongseng memakai daging sapi maupun tongseng ayam. Buat rekan rekan yang menanggung derita hypertensi atau desakan darah tinggi, asam urat maupun penyakit yang lain mungkin saja agak segan untuk mencicipi atau bikin resep tongseng kambing. Namun dengan memakai bahan paling utama daging sapi, resep tongseng daging ini sedikit lebih ramah serta kurangi kekhawatiran pada penyakit itu. Terkecuali bahan baku intinya, bumbu tongseng dengan santan atau tanpa ada santan serta langkah bikin resep tongseng sapi solo ini nyaris sama juga dengan resep yang memakai daging kambing maupun ayam lho, jadi permasalahan citarasa ditanggung tak kalah enak serta nikmat. 


Seperti juga resep masakan daging sapi yang lain, resep tongseng sapi ini dapat memiliki banyak kandungan gizi serta vitamin yang begitu dibutuhkan oleh badan kita. Sebut saja zat besi untuk menghindar anemia serta tingkatkan kekebalan badan, lemak, vitamin B kompleks, Zinc, selenium serta protein hewani yang diperlukan oleh anak anak di saat perkembangan serta orang dewasa untuk perubahan serta keperluan ototnya. Sudah pasti untuk peroleh faedah dari kandungan daging sapi yang dipakai untuk bikin resep tongseng daging sapinya, ada banyak hal yang perlu di perhatikan agar kandungan gizinya tak terbuang. Satu diantara yang paling utama yaitu sistem pemrosesan daging yang bakal dipakai. Daging sapi yang dipakai untuk bikin resep tongseng sapi nya baiknya tak perlu dicuci dengan air. Cukup direbus serta dibuang kotoran yang keluar. Terkecuali bermanfaat untuk menjaga struktur dagingnya serta bikin daging tak lembek, hal ini dapat bermanfaat untuk menghindar kerancuan serta masuknya bakteri yang terdapat banyak di air. 

Satu diantara hal yang bikin resep masakan tongseng khas solo ini demikian banyak di cari serta disenangi oleh orang-orang yaitu kelezatan kuahnya. Kuah tongseng yang fresh serta lezat memanglah satu diantara kunci untuk bikin resep tongseng sapi tanpa ada santan yang enak serta disenangi semuanya anggota keluarga. Bila kita umum membelinya di penjual atau tempat tinggal makan sate, kuah tongseng yang di buat memakai kuah gulai yang di beri penambahan kecap, garam serta sedikit gula pasir. Itu karena agar lebih gampang serta tak perlu ribet mempersiapkan kuah tongsengnya sendiri. Nah lantaran kita tidak miliki masakan gulai dirumah, maka dari itu kita berikanlah langkah bikin tongseng sapi tanpa ada santan komplit dengan kuah yang nikmat serta enak. 

Resep bumbu tongseng dengan cita rasa kuah yang enak dapat memakai santan atau tanpa ada santan sebagai macam untuk sesuaikan selera. Santan pada makanan tak cuma memberi rasa gurih serta aroma yang lezat. Mengkonsumsi santan dengan cara tak terlalu berlebih nyatanya juga mempunyai banyak faedah untuk kesehatan terlebih bertindak dalam pembentukan system kekebalan badan dan pertahanan pada penyakit. 

Diluar itu langkah bikin tongseng sapi nya harus juga di perhatikan. Bila sukai pedas, cabai yang dipakai dapat diuleg berbarengan dengan bumbu yang lain atau iris kecil-kecil. Namun bila tidaklah terlalu sukai pedas, buah cabai rawit yang dipakai dapat dimasukkan utuh saja. Kol atau kubis yang dipakai baiknya dimasukkan waktu paling akhir saja atau waktu bakal diangkat. Hal semacam ini dikerjakan agar resep masakan tongseng daging sapinya kelak kubisnya tidaklah terlalu lembek hingga mengakibatkan kerusakan rasa serta penampilannya. Untul lebih detilnya, silakan lihat bahan serta bumbu tongseng tanpa ada santan berikut ini ya. 

Bahan bahan Resep Tongseng Sapi Enak

  1. Sesuai sama namanya, bahan paling utama yang diperlukan yaitu daging sapi yang sedikit berlemak lebih kurang sejumlah 400 gr saja. Baiknya memakai daging sapi sengkel atau sisi atas kaki sapi depan. Daging tak perlu dicuci untuk hindari kerancuan bakteri serta struktur dagingnya lembek. 
  2. Garam dapur beryodium sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 3. 5 sendok kecil saja. 
  3. Bawang merah lokal ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 3 siung. Kupas kulit luar bawangnya lantas irislah iris tidak tebal. 
  4. Merica halus atau bubuk sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 1 sendok kecil saja. 
  5. Gula pasir putih seperlunya sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 1 sendok makan saja. 
  6. Santan yang datang dari parutan 1 butir kelapa lebih kurang sejumlah 1. 5 liter agar rasa-rasanya lebih gurih serta enak. 
  7. Daun salam lebih kurang sejumlah 2-3 lembar saja. 
  8. Lengkuas yang telah dimemarkan ukuran tengah besar lebih kurang selama 1 cm saja. 
  9. Buah cabai rawit lebih kurang sejumlah 4-7 pcs. Bersihkan bersih lantas irislah iris kecil. Dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai sama selera. 
  10. Kol fresh ukuran tengah lebih kurang sejumlah 1/4 sisi utuh. Bersihkan bersih kol, buang susunan luarnya lantas potong potong tengah. 
  11. Kecap manis kental sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 3 sendok makan saja. 
  12. Batang serai ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 2 pcs saja. 
  13. Buah tomat merah atau hijau untuk bahan taburan ukuran tengah besar sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 2 pcs. Bersihkan bersih lantas potong potong. 
  14. Daun bawang fresh untuk taburan lebih kurang sejumlah 2 batang. Bersihkan bersih lantas irislah iris kecil. 
  15. Air bersih seperlunya. 
  16. Minyak sayur atau margarin seperlunya untuk menumis bumbu halusnya. 

Bumbu Tongseng Sapi Spesial

  1. Bawang merah ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 6 siung. Kupas kulitnya lantas potong potong agar gampang waktu bakal diuleg nanti. 
  2. Bawang putih ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 4 pcs. Kupas kulit luar bawangnya lantas potong potong. 
  3. Jahe ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 2 cm saja. Bakar sebentar sebelumnya dihaluskan dengan bumbu lain. 
  4. Kemiri yang telah disangrai terlebih dulu lebih kurang sejumlah 4 pcs saja. 
  5. Ketumbar yang telah disangrai terlebih dulu lebih kurang sejumlah 1 sendok kecil saja. 
  6. Kunyit ukuran tengah besar lebih kurang selama 3 cm saja. 

Langkah Bikin Tongseng Daging Sapi Sederhana

  1. Langkah pertama ambillah panci rebusan serta berikan air seperlunya hingga semuanya sisi terendam air. 
  2. Masak hingga air mendidih lantas masukan daging sapi yang bakal dipakai untuk bikin tongseng sapinya. 
  3. Buang kotoran serta busa dari rebusan dagingnya lantas masak lagi hingga daging empuk. 
  4. Angkat daging sapi yang telah empuk di atas lantas potong potong bentuk kotak sesuai sama selera. 
  5. Haluskan beragam jenis bumbu tongseng di atas hingga benar benar halus. Baiknya dihalukan lewat cara manual, yakni diuleg agar sari bumbunya keluar serta akhirnya lebih merasa. 
  6. Sediakan wajan penggorengan dengan api tengah kecil serta berikan minyak seperlunya (lebih kurang sejumlah 2 sendok makan). 
  7. Masukan bumbu tongseng yang telah dihaluskan di atas kedalam penggorengan lantas aduk aduk hingga tercium bau harum khas tumisan bumbu. 
  8. Masukan daun salam, batang serai serta lengkuasnya lantas aduk aduk kembali hingga tercium bau harum tumisan. 
  9. Masukan potongan daging sapi yang telah di rebus terlebih dulu lantas aduk aduk agar semuanya bahan tercampur rata. 
  10. Masukan santannya lantas aduk aduk kembali hingga semuanya bahan tercampur rata. 
  11. Masukan garam dapur beryodium, gula pasir, merica halus serta kecap manisnya lantas aduk aduk kembali hingga santannya mendidih. Ingat jangan pernah santannya pecah lantaran rasa-rasanya kelak bakal beralih. 
  12. Masukan potongan kol, potongan tomat, potongan daun bawang dab sebagian cabai rawitnya lantas aduk aduk kembali hingga semuanya bahan tercampur rata serta daging sapi tongsengnya benar benar empuk. 
  13. Sebelumnya diangkat cicipi dahulu serta berikan garam dapur, kecap serta gula bila dibutuhkan lantas angkat serta sajikan dengan ditaburi bawang goreng serta potongan daun bawang diatasnya. 

Usai telah resep tongseng daging sapi di atas. Cukup gampang serta simpel bukanlah langkah bikin tongseng daging di atas. Meskipun pada umunya kita mengetahui bumbu tongseng dipakai untuk bikin tongseng kambing, namun dengan memakai daging sapi rasa-rasanya tetaplah empuk serta enak. Diluar itu dengan memakai daging sapi rekan rekan atau anggota keluarga yang menanggung derita hypertensi dapat sedikit lega serta turut mencicipi resep tongseng sapi spesial yang kita buat bukanlah.

No comments:

Post a Comment