Sunday, September 4, 2016

Cara Membuat dan Resep Ketupat Padat Pulen Berisi Lebaran

Cara Membuat Ketupat - Sesungguhnya ada panduan serta trick sendiri waktu kita bikin ketupat. Berikut panduan komplit langkah bikin ketupat. Pesta ketupat adalah kebiasaan bangsa kita mulai sejak lama. Tiap-tiap pertengahan bln. puasa serta waktu lebaran kita sebagai umat islam umumnya menyemarakkan dengan pesta ketupat serta sama-sama sharing dengan tetangga serta kerabat. 

Cara Membuat Ketupat

Nasi ketupat umumnya dihidangkan dengan sayur lodeh rasa pedas. Tetapi admin sendiri umumnya makan ketupat lebaran ini berbarengan masakan opor ayam bumbu kuning dengan memakai ayam kampung lantaran lebih lezat. Bikin ketupat walau telah kerap dikerjakan tetapi masihlah kerap juga menjumpai kegagalan, hingga akhirnya kurang memuaskan. Ketupat yang bagus ditandai dengan penampilannya padat penuh diisi apabila di iris terlihat putih serta padat diisi. Kegagalan dalam bikin ketupat ini umumnya lantaran kurang isi atau bahkan juga umumnya isi, hingga akhirnya kurang padat, lembek, bahkan juga terkadang masihlah berwujud beras. 

Langkah bikin ketupat yang serta padat diisi mesti memerhatikan banyak hal seperti pilih kwalitas beras, janur untuk bungkus beras, serta perebusan (pematangan). Yuk kita terangkan dengan cara lebih detail. 

Pembuatan ketupat ini diawali waktu pilih type beras yang bakal dipakai untuk bikin ketupat. Beras perak tak bagus untuk dipakai bikin ketupat. Pastikan beras yang pulen serta berkwalitas tengah sampai bagus. Beras impor condong begitu pulen hingga kurang padat hasil ketupat. 

Nasi ketupat bermakna bikin lontong dengan memakai janur (daun kelapa). Sekarang ini sudah banyak dijual bungkus ketupat yang telah jadi hingga tak perlu membuatnya sendiri. Pastikan bungkus ketupat yang rapat serta memiliki bentuk bagus. Janganlah ambillah janur yang telah mulai kering. Dengan hal tersebut saya anjurkan untuk beli bungkus ketupat dengan janur masihlah baru. 

Perebusan atau pematangan ketupat memerlukan saat begitu lama hingga membutuhkan sedikit persiapan yang cukup. Salah nya ialah isi tabung gas mesti di perhatikan, hal semacam ini agar jangan pernah gas habis sebelumnya ketupat masak. 

Sesudah semuanya persiapan seperti beras berkwalitas serta bungkus ketupatnya telah ada, yuk saat ini mulai saja langkah bikin ketupat yang padat diisi. 

Bahan untuk 10 buah :
  • 1 liter beras yang bagus dan pulen, cuci bersih dan rendam selama 2 - 3 jam (kasih sedikit garam), tiriskan.
  • 10 bungkus ketupat


Langkah Bikin Ketupat Lebaran : 
  1. Sediakan bungkus ketupat dari anyaman daun kelapa (janur), Lalu isi bungkus ketupat dengan beras yang telah di rendam sejumlah 3/4 dari besarnya bungkus ketupat (75% penuh). 
  2. Didihkan air di panci dengan isi yang sudah sesuai dengan jumlah ketupat yang bakal di rebus. 
  3. Sesudah air mendidih lalu input bungkus ketupat yang sudah di isi beras. Tunggulah sampai 1, 5-2 jam atau hingga masak. . 
  4. Resep serta Langkah Bikin Ketupat Opor Ayam Lebaran 

Catatan : 
  • Dapat ditambahkan sedikit air kapur sirih saat merendam beras calon ketupat. Air kapur sirih bikin ketupat kenyal serta lebih awet. 
  • Panduan dalam merebus ketupat ini yaitu menanti sampai air di panci mendidih terlebih dulu supaya ketupat dapat masak lebih cepat. 
  • Sesudah ketupat masak, Baiknya segera disiram air dingin. serta gantunglah ditempat yang gampang terserang angin, agar kandungan air menyusut (jadi tidak cepat basi), biarlah saja selalu bergantung.

Sekian artikel tentang resep ketupat lebaran. Langkah penyajian ketupat ini umumnya dengan opor ayam bumbu kuning. Waktu merayakan lebaran terkecuali sajian ketupat dengan sayur opor ayam, umumnya juga bikin lepet/leupeut yaitu jajanan dari beras ketan serta kacang tolo. 

No comments:

Post a Comment