Monday, September 12, 2016

Cara Membuat Dan Resep Martabak Manis Sederhana

Resep Martabak Manis - Resep Martabak Jelas Bln. plus keju dari bandung. Kue manis buatan bogasari ini cukup gampang langkah bikin nya asal diikuti dengan cermat serta konsentrasi bisa ukuran mini maupun besar. Satu diantara pavorit keluarga yaitu kue martabak manis atau dimaksud juga jelas bln.. banyak yang sukai atau suka pada jajanan di jual dipedagang kaki lima ini, bagaimana bila kita umum buat di rumah? nah itu Rutinitas yang sangat baik lantaran dapat menghemat duit, hasilnyapun kue yang cukup banyak dengan cost yang murah, sesudah tring error resep sekian kali, pada akhirnya saya terasa telah dapat bikin kue jelas bln. atau martabak manis ini. pada akhirnya dengan semua terbatasnya kekuatan namun tetaplah semangat, saya ingin berbagi Resep Martabak ini dengan beberapa bunda/ibu di rumah. 

Resep Martabak Manis

Satu diantara makanan serta jajanan yang begitu popular di Indonesia serta dapat diketemukan nyaris di semuanya lokasi negara kita yaitu Resep Martabak. Ya, dengan gampang kita dapatkan penjual martabak telur, martabak manis serta martabak mini. Bahkan juga sekarang ini, beberasa resep turunan dari masakan satu ini, seperti resep martabak tahu, martabak telur tahu serta resep martabak mie juga banyak di cari orang. Seperti resep yang lain, kunci langkah bikin martabak yang enak serta lezet terkecuali berisi yaitu langkah bikin kulit martabak. Sudah pasti, berisi juga penting juga, seperti daging cincang, daun bawang serta yang lain. 

Seperti resep martabak yang lain, kunci dari bikin resep martabak telur yang enak serta lezat terdapat pada langkah pemrosesan serta bahan bahan yang dipakai. Tak seperti martabak manis yang cuma memerlukan adonan kulit martabak, terkecuali memerlukan kulit martabak yang berkwalitas bagus, langkah bikin martabak telur khusus enak juga membutuhkan adonan isi martabak yang cocok. Biasanya, penjual martabak yang biasanya kita temui memakai daging cincang serta beragam bumbu lain untuk bahan isiannya. Diluar itu, umumnya mereka memakai telur bebek untuk mencampurkan isian ke kulit matabaknya, namun bila rekan rekan ingin, telur bebek dapat ditukar dnegan telur ayam, hanya perlu telur yang semakin banyak mengingat ukurannya yang lain. 

Mungkin saja rekan rekan berasumsi bila dengan gampang dapat beli di penjual martabak telur dekat tempat tinggal, mengapa mesti ribet repot membuatnya sendiri. Buat rekan rekan yang super repot mungkin saja hal semacam ini pas, namun bila rekan rekan miliki sedikit saat mengapa tak kita belajar langkah bikin makanan ini sendiri dirumah? Terkecuali pasti lebih berhemat, kita dapat sedikit berkreasi dengan resep martabak telur yang bakal kita buat, seperti memberikan potongan jamur, ganti daging cincang dengan seafood, daging ayam atau yang lain bergantung selera. Namun untuk kesempatan ini, kita bakal bikin martabak telur simpel dengan isi daging cincang. 

Kue yang satu ini berupa seperti kue dadar serta umum di jual di tepi jalan. Rasa-rasanya yang so smooth serta lezat di mulut bikin beberapa orang menginginkan sekali bikin kue ini. Resep ini dapat dapat dipakai untuk bikin martabak manis mini, tinggal ukurannya saja yang di buat mini. Okey segera saja, tersebut resep bikin martabak manis : 

Bahan serta Bumbu Resep Martabak Telur Simpel Spesial 
  1. Bahan paling utama yang diperlukan yaitu tepung terigu yang memiliki kandungan protein tengah lebih kurang sejumlah 200 gr saja (bahan kulit martabak). 
  2. Garam dapur beryodium seperlunya atau lebih kurang sejumlah seperempat hingga 1/2 sendok kecil atau sendok teh. 
  3. Air bersih seperlunya atau lebih kurang sejumlah 140 ml. 
  4. Telur ayam 1 butir untuk bikin kulit martabaknya. 
  5. Minyak seperlunya untuk menggoreng martabaknya kelak serta 50 gr minyak untuk kombinasi bahan adonan kulitnya. 
  6. Daging sapi cincang kecil kecil atau dapat pula memakai daging giling lebih kurang sejumlah 200-250 gr saja. 
  7. Daun bawang fresh kwalitas bagus lebih kurang sejumlah 3-5 batang ukuran tengah besar. Bersihkan bersih sebelumnya dipakai serta irislah halus halus untuk isi martabaknya. 
  8. Bawang putih ukuran tengah besar sejumlah 4 pcs. Kupas kulitnya lantas cincang bawang putihnya hingga benar benar halus untuk bahan isi martabak. 
  9. Bawang bombay ukuran tengah besar kwalitas bagus sejumlah 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lantas irislah halus untuk isi martabak. 
  10. Bawang merah lokal ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 8 pcs. Kupas kulitnya lantas irislah iris halus/rajang untuk bahan isian martabaknya kelak. 
  11. Lada bubuk atau halus seperlunya sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 1/2 sendok kecil. 
  12. Garam dapur beryodium serta bumbu penyedap rasa seperlunya. 
  13. Telur bebek atau telur ayam seperlunya atau lebih kurang sejumlah 4 pcs untuk bikin adonan di atas (1-2 butir per jumlah). 


Langkah Bikin Martabak Telur Sederhana 
  1. Langkah pertama yaitu bikin kulit martabaknya. 
  2. Ambillah satu wadah ukuran tengah besar. Masukan tepung terigu protein tengah yang telah disiapkan serta garam dapur beryodium. Aduk aduk hingga ke-2 bahan tercampur rata. 
  3. Pecahkan satu butir telur serta masukan ke adonan tepung di atas. Aduk aduk hingga tercampur rata. 
  4. Masukan air bersihnya sedikit untuk sedikit sembari diaduk aduk memakai tangan/diuleni hingga adonan jadi kalis. Berikan air apabila dibutuhkan. 
  5. Untuk adonan jadi 2 sisi lantas bentuk jadi bulatan. Oleskan sisi luar adonan dengan minyak lantas diamkan sebentar atau lebih kurang sepanjang 10-13 menit. 
  6. Lapis sisi luar adonan kulit martabak dengan minyak lagi lantas simpan di baskom serta tutup dengan kain sepanjang lebih kurang satu jam. 
  7. Langkah ke-2 yaitu bikin isi martabaknya. 
  8. Sediakan penggorengan serta berikan minyak sedikit saja. 
  9. Masukan bawang merah, bawang putih serta bawang bombay yang telah di rajang halus. Aduk aduk sebentar hingga tercium bau harum. 
  10. Masukan daging cincang atau daging giling yang telah disiapkan ke dalamnya. Aduk aduk semuanya bahan agar tercampur rata hingga daging agak masak. 
  11. Masukan daun bawang serta lada halus. Aduk aduk serta tumis lagi semuanya bahan hingga daging cincang masak. 
  12. Langkah paling akhir yaitu bikin martabak telurnya. 
  13. Ambillah satu adonan kulit serta pipihkan lewat cara menghimpit dengan telapak tangan agak memutar hingga adonan melebar. 
  14. Pegang ke-2 ujung adonan kulit lantas putar dari kiri kekanan hingga adonan melebar lagi. Kerjakan berulang hingga didapat lebar yang dikehendaki serta adonan kulit martabak jadi tidak tebal. 
  15. Ambillah bahan isian martabak seperlunya atau kurang lebih 1/2 sisi. Masukan kedalam kocokan telur serta berikan garam dapur, bumbu penyedap rasa jika sukai, aduk aduk hingga rata. 
  16. Tuangkan isian martabak ke atas kulit martabaknya. 
  17. Ambillah sisi ujung kulit serta lipat ke tengahnya hingga tertutup rata. Goreng martabak serta bolak balik hingga masak serta berwarna kecoklatan. 


Bagaimana menurut rekan rekan langkah cara membuat martabak manis di atas? Cukup simpel bukan? Memanglah untuk bikin kulit martabaknya sedikit memerlukan saat yang agak lama, namun sesungguhnya cukup simpel bukanlah. Terkecuali lebih berhemat, bikin Resep Martabak Telur Khusus pasti lebih mengasyikkan untuk membuatnya sendiri dirumah. 
Untuk buat martabak tipis yang kering dan renyah, gunakan wajan khusus martabak manis. Apabila tidak ada, gunakan wajan datar antilengket, tetapi tetapkan yang beralas tak tidak tebal. Wajan antilengket beralas tipis akan buat adonan martabak cepat gosong, tetapi tidak kering. Jangan sampai terlalu lama saat meratakan adonan di atas wajan, lantaran adonan martabak cepat mengental dan jadi kering saat diserang panas. Untuk macam rasa, santan bisa diganti dengan susu cair dengan jumlah yang sama.

No comments:

Post a Comment