Saturday, September 3, 2016

Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Spesial Khas Lebaran

Resep Opor Ayam - Daging ayam senantiasa miliki narasi yang tidak ada habisnya. Mempunyai harga yang ekonomis dibanding daging sapi serta daging kambing, bikin daging ayam senantiasa jadi favorite di beberapa kelompok orang-orang serta situasi. Tentu telah bunda kenali kalau daging ayam ini bisa jadi olahan masakan yang enak serta lezat. Dari abon ayam, ayam teriyaki, Ayam Kuluyuk, Ayam Kecap Pedas Manis, Ayam Goreng Mentega, perkedel, Kayi Ayam serta ada banyak yang lain. 

Resep Opor Ayam


Nah kesempatan bakal membagikan satu diantara hidangan lebaran yang melegenda yakni Resep Opor Ayam. Sesungguhnya olahan opor ayam telah kami ulas didalam 5 Resep Masakan Hidangan Lebaran Lengkap Terpopuler. Tetapi lantaran banyak keinginan di e-mail yang memohon menulis cara menyajikan opor ayam lagi, jadi saat ini kami menulis lagi ya. 

Untuk beberapa bahan serta langkah bikin opor ayam special lebaran sesungguhnya nyaris sama juga dengan resep opor sekian waktu lalu yang telah kami berikan. Tetapi ada sedikit bumbu yang kami modifikasi supaya akhirnya lebih special serta maknyus. Ada 2 langkah untuk bikin opor ayam yang lezat dengan bumbu yang meresap dalam daging. Yang pertama lewat cara ayam yang di goreng terlebih dulu sampai 1/2 masak lalu dimasak berbarengan bumbu halus serta bumbu yang lain sampai masak. 

Serta langkah ke-2 yaitu dengan langkah tumis bumbu halus terlebih dulu yang lalu ayam dimasak dengan bumbu halus sampai 1/2 masak lantas di beri santan serta bumbu yang lain hingga masak. Sesungguhnya tidak ada ketidaksamaan rasa yang penting di ke-2 langkah memproses opor ayam itu. Cuma bedanya ayam yang digoreng terlebih dulu lebih gurih dengan struktur yang lebih crispy. 

Sedang untuk ayam yang di proses berbarengan bumbu kuning struktur ayam lebih empuk serta lembut di mulut. Nah pada saat ini kami bakal membagikan hidangan opor ayam bumbu kuning dengan versus daging ayam yang digoreng terlebih dulu supaya lebih mantap.

Bahan-bahan Opor Ayam :
  • Ayam 1 kilo gram (potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera)
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Daun salam 3 lembar
  • Serai 1 batang (memarkan)
  • Jahe 2 centi meter (memarkan)
  • Lengkuas 2 centi meter (memarkan)
  • Air panas 500 mili liter
  • Santan 200 mili liter (bisa menggunakan 1 sachet santan instan + air)


Bumbu Halus Opor :
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Kunyit 3 centi meter (bakar)
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh
  • Jintan bubuk 1/2 sendok teh
  • Kemiri 3 butir (sangrai)
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya


Langkah Bikin Opor Ayam Gurih : 
  1. Pertama-tama bersihkan bersih potongan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, lantas diamkan sepanjang 10 menit, basuh dengan air besih. 
  2. Setelah itu goreng potongan ayam sampai berkulit. Angkat, tiriskan. 
  3. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, masukan salam, serai, lengkuas serta jahe, aduk rata. Masukan potongan ayam, aduk hingga rata ke semua sisi ayam hingga terlumuri bumbu. 
  4. Berikan air panas, aduk rata. Lantas masukan santan, aduk kembali hingga mendidih serta ayam jadi empuk. 
  5. hidangkan opor dengan taburan bawang goreng.
  6. Waktu lebaran tiba terkecuali disajikan berbarengan nasi putih hangat, opor ayam kuning ini umumnya dihidangkan berbarengan potongan ketupat atau lontong komplit dengan bermacam sambal serta masakan yang lain. Seperti semur daging, rendang daging, serundeng, sambal merah, sambal goreng ati ampela, sambal goreng kentang telur puyuh petai dan lain-lain. 


Sesungguhnya terkecuali dipakai untuk bikin opor ayam lebaran, bumbu opor bisa digunakan untuk bikin opor telur, opor tahu, opor tempe, opor kentang, opor daging, opor bebek, atau di gabungkan jadi opor ayam tahu tempe dan lain-lain. Bila bunda sukai pedas dapat ditambahkan bubuk cabai atau cabai rawit kedalamnya, kelak membuahkan opor ayam pedas yang gurih seperti olahan kari ayam padang yang kerap dikonsumsi berbarengan roti cane serta roti jala. 

Namun menurut kami tambah baik untuk rasa pedasnya buat sambal merah saja serta dihidangkan dengan cara terpisah. Supaya kita bisa mengatur kepedasan sesuai sama selera.

No comments:

Post a Comment